Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Bali Siap Sambut Digital Nomad

Wednesday, 5-5-2021 22:20 47

Gambar Konten

Perkembangan teknologi informasi memengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia, termasuk generasi milenial.

Perusahaan perangkat lunak virtualisasi Amerika Serikat, VMware, dalam riset bertajuk Digital Frontiers 3.0 Study yang dirilis pada 15 April 2021 lalu, menempatkan Indonesia sebagai negara terdepan dalam tingkat penerimaan masyarakat dalam merengkuh pengalaman digitaBahkan 80 persen dari responden yang disurvei menyebut diri mereka sebagai digitally curious atau digital explorers.

Riset tersebut menyebut, 64 persen digital curious adalah tenaga kerja milenial yang menganggap bekerja sesuatu yang dapat dilakukan di mana pun mereka berada.

Lebih dari 70 persen responden juga percayaa, bahwa mereka dapat mempertahankan tingkat produktivitas di luar kantor.

Fenomena itu terjadi seiring perubahan tempat kerja baru dengan bergantinya profil pekerja dari kalangan baby boomers ke milenial.

Mereka kelahiran era mobile tahun 1982 ke atas, menduduki posisi penting di korporasi dan memiliki harapan tinggi terhadap informasi teknologi untuk mendukung kinerja bisnis seiring  cepatnya perkembangan teknologi.

Generasi seperti inilah yang dipercaya mampu mengubah tempat dan cara kerja menjadi lebih dinamis.

Mereka disebut sebagai digital nomaden atau disingkat digital nomad (pengembara digital) yang makin tren di dunia. Masyarakat yang semula harus bekerja di kantor menjadi bebas, tanpa terbatas ruang dan waktu. (Yoy)

Sumber : Kompas.com

Berita lainnya