Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Bicara Depan Audience, Mic Di Tangan Kiri Atau Kanan ?

Saturday, 8-4-2023 11:20 2621

Gambar Konten

Jika berbicara depan orang banyak dengan Mic, tangan mana yang pas pegang Mic ?

Ini bukan soal benar salah atau soal kebiasaan yang sudah sering dilakukan. Tapi kelayakan tangan mana pegang Mic sesuai tatakrama ketimuran, kenyamanan bergerak dan terlihat menarik bagi audience.

Jadi yang layak tangan yang pegang Mic adalah tangan kiri. MENGAPA ?

1. Tatakrama Ketimuran.

Saat bicara depan orang banyak, body language kita sering perlu bergerak sesuai apa yang kita omongkan. Misal anggukan kepala, pundak yang menunjukkan pertanyaan termasuk tangan yang bergerak sesuai omongan.

Nah jika Mic dipegang tangan kiri maka tangan kanan akan bebas bergerak ke sana ke mari. Misal angkat jempol untuk menghargai sesuatu, menunjuk dengan 5 jari atau mengajak audience melakukan sesuatu.

Dengan menggerakkan tangan kanan maka ada kesan bahwa kita menghormati dan menghargai audince sesuai tatakrama ketimuran di mana hal hal baik dilakukan dengan tangan kanan.

Jika Mic dipegang tangan kanan maka yang aktif adalah tangan kiri dan ini akan menimbulkan kesan sebaliknya.

2. Kenyamanan Bergerak.

Sebagian besar kita aktif dengan tangan kanan. Maka secara reflek apa yang kita lakukan akan lebih nyaman dengan tangan kanan. 

Dengan posisi Mic di tangan kiri, tangan kanan akan leluasa untuk gerakan gerakan body language sesuai omongan, memegang sesuatu atau melakukan gerakan lainnya.

3. Terlihat Menarik Buat Audience.

Tentu saja apabila kita nyaman bergerak, body language kita di hadapan audience akan tampak tidak kaku, tidak terkesan kerepotan, relax, nyaman dan atraktif.

Sehingga di hadapan audience kita terkesan enak dilihat dan menarik.

Lalu bagaimana dengan Mic sendiri yang di tangan kiri ? 

Mic di tangan kiri sesungguhnya tidak banyak aktifitas atau gerakan. Tangan kiri paling banyak aktifitasnya, menjaga posisi Mic dekat mulut kita atau bergerak sedikit untuk hal hal lain.

Oke ... bisa jadi kita biasa melihat orang presentasi atau bicara depan orang banyak memegang Mic dengan tangan kanannya. Bahkan kita sendiri juga termasuk pengguna tangan kiri untuk pegang Mic ... tentu tidak mengapa anda lakukan itu.

Tapi bagaimana kalo kita coba pegang Mic di tangan kiri saat bicara depan orang banyak. Di awal mungkin terasa tidak biasa, tapi anda akan rasakan kalau anda akan lebih leluasa dan lebih nyaman jika pegang Mic dengan tangan kiri.

Oleh                                                      Yoyong Burhanudin S Sos                Praktisi Komunikasi & Media

Berita lainnya