Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Kenapa Sekarang Matahari Berwarna Merah Di Amerika ?

Wednesday, 24-5-2023 14:09 310

Gambar Konten

Dalam beberapa hari terakhir, langit Amerika Serikat (AS) disuguhi pemandangan menawan sekaligus memprihatinkan dengan kehadiran Matahari berwarna merah.

Fenomena menakjubkan ini, terlihat di langit New York hingga Illinois. Sejumlah ahli mengkonfirmasi, perubahan warna Matahari menjadi merah terkait dengan kebakaran hutan yang melanda wilayah Alberta, Kanada.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (24/3/2023) lebih dari 90 peristiwa kebakaran hutan melanda Provinsi Alberta, Kanada yang menghanguskan lebih dari 800 ribu hektar lahan. Dampak luas dari kebakaran ini menimbulkan partikel asap. Kabut yang dihasilkan oleh asap yang melayang diperkirakan akan bertahan selama beberapa hari lagi.

Ahli meteorologi menjelaskan bahwa partikel asap secara selektif menyebarkan panjang gelombang cahaya yang lebih pendek, memungkinkan sinar merah dan oranye mendominasi langit sehingga menghasilkan penampakan Matahari berwarna merah.

Kebakaran hutan ini dipicu oleh kondisi musim semi kering yang tidak seperti biasanya dan gelombang panas yang hebat. Sebanyak 30 ribu orang terpaksa dievakuasi dari Kanada bagian barat.

Dampaknya pun telah melampaui batas negara. Para penduduk di Montana dan bagian timur Colorado, AS diminta National Weather Service (NWS) untuk tetap berada di dalam rumah karena kualitas udara yang sangat tidak sehat.

"Jika asap kian menebal, Anda harus tetap berada di dalam rumah. Peringatan ini terutama berlaku bagi mereka yang menderita penyakit jantung, penyakit pernapasan, bayi dan balita serta lansia," demikian bunyi peringatan NSW seperti dikutip dari Daily Mail.

NWS meyakinkan penduduk New York bahwa asap yang mengepul tidak menimbulkan risiko kesehatan bagi individu yang memiliki masalah pernapasan.

"Matahari yang sangat merah terbit di atas New York. Ini karena semua asap api yang menyebar di atas kita yang berasal dari kebakaran hutan di Kanada," kata NWS.

Namun demikian, pejabat setempat di optimistis bahwa suhu yang lebih dingin dan hujan yang diperkirakan akan datang di minggu berikutnya akan membantu memerangi kebakaran hutan. (Yoy)

Sumber : antaranews

 

Berita lainnya