Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Berapa Pengeluaran Pemudik Lebaran 2023 ?

Tuesday, 2-5-2023 21:12 137

Gambar Konten

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan rata-rata pengeluaran selama libur Lebaran 2023 mencapai Rp2,7 juta per pax dari target yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp1,9 juta.

“Observasi lapangan kita bahwa titik pergerakan mudik di Sumatera terdapat di Padang dan Lampung, Jawa di Jawa Tengah dan Cirebon, Sulawesi di Makassar total responden 1.045 data perolehan, rata-rata pengeluaran selama libur Lebaran 2023 mencapai Rp2,7 juta dari target Rp1,9 juta (per pax),” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.
 
Sandi menuturkan berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, pengeluaran terbesar digunakan untuk transportasi yakni sebesar 23,4 persen, akomodasi 22 persen, makan dan minum 20 persen, disusul pengeluaran cenderamata, fesyen dan kriya sebesar 14 persen.
 
Melihat pergerakan masyarakat yang luar biasa pada masa mudik dan libur Lebaran 2023 ini, Sandiaga pun merevisi potensi perputaran ekonomi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dari angka Rp240 triliun menjadi Rp335,3 triliun.
 
Sementara itu, Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya menuturkan prediksi pengeluaran sebesar Rp2,7 juta per pax ini merujuk pada prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang memprediksi 123 pemudik pada tahun 2023 ini.
 
“Jadi sementara kalau kita merujuk prediksi Kemenhub yang pergerakan sebanyak 123 juta, kita kalikan. Paling tidak kita punya angka ini, pengeluaran yang berdasarkan survei. Jadi tidak kaleng-kaleng," ujar Nia. (Yoy)
 
Sumber : antaranews

Berita lainnya