Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Italia Tawarkan Rumah Seharga Secangkir Kopi

Tuesday, 27-4-2021 10:51 40

Gambar Konten

Semakin banyak kota di Eropa yang menawarkan rumah 1 Euro  (sekitar Rp17 ribu). Bulan ini, giliran kota Castiglione di Sicilia,  Italia yang menawarkan rumah seharga secangkir kopi.

Di lereng Gunung Etna, dekat Taormina yang apik dan pantai-pantai pesisir timur Sisilia, sekitar 900 rumah dijual murah.

Rumah tua yang rusak dijual dengan harga simbolis 1 Euro, sementara rumah tua yang dalam kondisi baik dijual seharga 4.000 sampai 5.000 Euro (sekitar Rp70 juta sampai Rp90 juta).

Walikota Antonino Camarda telah menjalankan proyek ambisius untuk menghidupkan kembali desanya, di mana populasinya telah menyusut dari 14 ribu pada awal tahun 1900-an menjadi hampir 3.000 saat ini.

Jika satu properti diminati banyak calon pembeli maka lelang akan digelar.

"Kami memiliki warisan arsitektur yang sangat besar untuk diselamatkan, dikemas dengan sejarah. Seiring waktu, terlalu banyak orang yang pergi, meninggalkan sekumpulan rumah tua yang indah, banyak yang bahkan berasal dari zaman Renaisans," katanya, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Selasa (27/4).

Skema penjualan rumah di kota Castiglione di Sicilia, yang diluncurkan pada Maret 2021, adalah yang terbesar dari skema rumah 1 Euro yang sebelumnya pernah dilakukan kota-kota di Eropa.

Skema pembelian rumah

Calon pembeli harus mengetahui rencana terperinci tentang jenis rumah yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka akan merenovasinya.

Sebuah gugus tugas khusus telah dibentuk untuk mengawasi proyek tersebut.

"Kami bergerak dalam dua jalur paralel: menjangkau pemilik lama yang menunjukkan minat besar untuk menyingkirkan rumah keluarga mereka, dan pembeli baru," kata Camarda.

"Kami telah menerima banyak email dari investor dan orang di seluruh dunia. Ada banyak pilihan di sini."

Pembeli harus menyelesaikan renovasi dalam waktu tiga tahun. Tidak seperti kebanyakan skema lain, bagaimanapun, tak ada setoran yang dibayarkan untuk menjamin renovasi selesai tepat waktu.

Sebaliknya, mereka meminta pembeli untuk mengambil polis asuransi dari bank senilai 4.000 Euro.

"Pemilik baru akan dikenakan biaya 100 Euro (sekitar Rp1,7 juta) per tahun, yang tampaknya merupakan jumlah yang lebih adil daripada jaminan deposit," kata Camarda.

Pajak daerah di Sisilia rendah dibandingkan dengan daerah lain di Italia. Pembeli juga dapat memanfaatkan skema "superbonus" pemerintah Italia, yang memberikan kredit pajak sebesar 110 persen untuk renovasi yang membuat rumah lebih ramah lingkungan.

Kota subur

Bertengger di tebing berbatu di lereng utara Gunung Etna, Castiglione di Sicilia menghadap lembah Alcantara, yang dijuluki gole (yang berarti "ngarai" dalam bahasa Italia.)

Kota ini subur karena dilintasi sungai dan tanahnya tercipta dari aliran lava gunung berapi. Terdapat juga air terjun dan hutan.

Kebun zaitun, kebun jeruk, perkebunan kemiri, dan perkebunan anggur menghiasi lanskapnya.

Di sisi subur Etna yang hitam pekat, kebun anggur membuat botol premium dengan anggur asli termasuk jenis carricante, catarratto, dan nerello.

Castiglione dijuluki "kota anggur" - patung besar dari tong dan gelas anggur berdiri di pintu masuk desa. Tur berpemandu diatur di sepanjang rute anggur Etna.

Etna adalah gunung berapi aktif terbesar di Eropa, dan daratannya dihiasi gua lava, hutan pinus, dan aliran lahar tua.

Trekking di sini bisa sekaligus melihat reruntuhan benteng Yunani dan kapel Bizantium dengan terowongan rahasianya. (Yoy)

Sumber : CNN Indonesia

Berita lainnya