Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Ketua Dewan Pers : Perlu Institusi Pemantauan Media

Thursday, 9-3-2023 13:58 77

Gambar Konten

Dewan Pers menyatakan perlu pemantauan terhadap Media dan Jurnalistik.

Ninik Rahayu Ketua Dewan Pers mengatakan " UU 40 tahun 1999 pasal 17 mengamanatkan perlunya pemantauan terhadap kinerja media atau Pers sehingga publik terlindungi dari kinerja media yang merugikan ".

Banyaknya kasus aduan ke Dewan Pers terhadap kinerja media menunjukkan masih lemahnya posisi publik sehingga dibutuhkan pihak yang memantau kinerja media.

Berkaitan hal ini, Dewan Pers melaksanakan diskusi tentang pemantauan media dan jurnalistik di Surabaya 9 Maret 2023.

Dodi Wahyu Sekretaris PD PRSSNI Jatim yang hadir di acara ini mengusulkan agar dilakukan program pemberdayaan masyarakat agar tidak jadi korban media yang tidak profesional.

" Yang perlu dilindungi dari kinerja media yang tidak profesional adalah masyakat. Karena itu masyarakat perlu diberdayakan, ditingkatkan pemahamannya dalam menyikapi arus informasi media ", ungkap Dodi. 

" Dan masyarakat harus dibuat mampu untuk ikut memantau media termasuk dilibatkan dalam proses pemantauan sampai proses penyelesaian kasus kasusnya ", pungkas Sekretaris PD PRSSNI Jatim itu.

Acara ini mengundang media pers baik cetak online dan radio di Jatim. Sebelumnya acara sama juga diadakan di Semarang dan Palembang. (Yoy)

Sumber : PD PRSSNI Jatim

Berita lainnya