Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Libatkan Anak Muda Sosialisasi Istimewanya Rempah

Saturday, 19-3-2022 20:21 48

Gambar Konten

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melibatkan anak muda seluruh Indonesia untuk menjadi Laskar Rempah yang bertugas mensosialisasikan dan menjaga keistimewaan rempah-rempah di lingkungan masyarakat karena rempah dinilai menjadi warisan budaya.

"Laskar Rempah ini diisi oleh anak-anak muda yang direkrut menjadi pemberi pengaruh (influencer) menyampaikan rempah-rempah Nusantara kepada seluruh masyarakat," kata Direktur Pelindungan Kebudayaan Kemendikbudristek Irini Dewi Wanti di acara Bumi Rempah Nusantara untuk Dunia di Hotel Harmoni, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Ia menuturkan anak muda yang terlibat dalam mensosialisasikan rempah-rempah Nusantara itu maksimal berusia 25 tahun yang harus melewati tahapan selektif, sehingga memiliki kemampuan diri untuk mengangkat informasi keistimewaan rempah-rempah di Indonesia.

Seluruh tim Laskar Rempah itu, kata dia, bergerak di daerahnya masing-masing dengan melakukan berbagai kegiatan sosialisasi maupun mengkampanyekan rempah-rempah melalui media sosial.

"Mereka sudah melakukan aktivitas sebagai pemberi pengaruh memanfaatkan media sosial, konten video di tiap-tiap provinsi," katanya.

Ia menyampaikan Kemendikbudristek terus berupaya melakukan sosialisasi dengan berbagai kegiatan seperti seminar maupun pembuatan konten yang menarik untuk memberikan informasi tentang kekayaan rempah-rempah.

Kemendikbudristek juga akan mengusulkan jalur rempah di Nusantara yang sudah dibangun pada zaman kolonial sebagai warisan budaya ke UNESCO.

"Kami juga terus memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang rempah-rempah yang ada di Indonesia, yang ada di sekitar kita untuk dimanfaatkan," katanya. (Yoy)

Sumber : antaranews

Berita lainnya