Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Masih 15 Tahun Lolos Fak. Kedokteran Unair

Saturday, 27-3-2021 17:09 55

Gambar Konten

Ada yang menarik, dari sosok Rizqi Nabila Ramadhani. Dengan usianya yang masih muda yakni 15 tahun 8 bulan, ia berhasil masuk program studi (prodi) prestisius di Universitas Airlangga (Unair).

Rizqi Nabila, berhasil diterima di Fakultas Kedokteran (FK) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Apa ya, resep Rizqi Nabila bisa masuk FK Unair di usia yang muda? Padahal, sesuai usianya seharusnya masih duduk di bangku kelas akhir SMP atau awal masuk SMA.

Mungkin, belajar dan bekerja dari hati kalimat yang tepat untuk menggambarkan perjalanan dan capaian gemilang Rizqi Nabila Ramadhani. 

Siswa asal Ponorogo tersebut hanya butuh waktu 10 tahun untuk menyelesaikan studi jenjang SD hingga SMA.

Nabila sendiri memang mengikuti program akselerasi sejak bersekolah di MTsN 2 Ponorogo serta program kelompok belajar cepat (KBC) di almamaternya SMAN 1 Ponorogo.

Dengan begitu, ia hanya memerlukan waktu masing-masing dua tahun untuk menuntaskan masa SMP dan SMA-nya.

Nabila menceritakan capaian tersebut diraih bukan berarti tanpa perjuangan. Nabila harus mengikuti les di dua bimbingan belajar serta les privat di rumahnya usai pulang sekolah.

Beberapa siswa mungkin akan menganggap rutinitas tersebut sangat berat. Namun tidak halnya dengan peraih ranking paralel 1 di SMAN 1 Ponorogo tersebut.

"Waktu masuk program akselerasi, saya dituntut untuk belajar cepat. Harus greget dan mau belajar sendiri. Kelihatannya memang berat, tapi saya malah tertarik untuk memperjuangkan itu. Saya ingin sukses di usia muda," cerita Nabila mengutip dari laman resmi unair.ac.id. (Yoy)

Sumber : Kompas.com

Berita lainnya