Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Minggu Senin Kenaikan Arus Balik TERBESAR

Thursday, 11-4-2024 21:38 379

Gambar Konten

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meminta masyarakat untuk balik lebih awal setelah mudik Lebaran 2024 untuk menghindari kepadatan di ruas jalan tol. Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk menghindari travel gelap.

"Oleh karenanya, baliknya seperti Presiden waktu itu menganjurkan kembalinya lebih awal. Kalau bisa besok atau lusa Sabtu. Karena Minggu dan Senin itu pasti terjadi satu kenaikan yang besar," kata Budi di Pos Pantau Cikampek PT Jasa Marga, Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/4).

Menurutnya, pengelolaan arus balik lebih sulit susah arus mudik. Pihaknya pun sudah memetakan sejumlah titik kritis di jalur arus balik.

Di antaranya, dari daerah Salatiga sampai Semarang, lalu dari Jogja, Solo, Ngawi, dan Madiun.

"Karena dari Jogja, dari Solo, dari Ngawi, dari Madiun itu bertumpuk di sana. Bahkan juga dari Demak dan sebagainya," ungkapnya.

Di sisi lain, Budi pun mewanti-wanti agar pemudik melakukan perjalanan balik agar menggunakan jasa travel resmi.

Hal ini untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan contohnya seperti kecelakaan karena sopir yang kelelahan.

"Kita mengimbau bagi mereka yang akan kembali ke kota asal, cari kendaraan yang fit, cari sopir yang segar, bukan sudah 4 hari nyopir terus," ucapnya.

"Jadi ini penting untuk peringatan bagi yang kalaupun terpaksa menggunakan travel tidak resmi. Tetapi kita menganjurkan agar saudara kita untuk menggunakan yang resmi seperti bus dan sebagainya," pungkasnya. (Yoy)

Sumber : detik.com

Berita lainnya