Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Waspada Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

Monday, 8-4-2024 08:14 211

Waspada Uang Palsu. Jelang lebaran 2024 tahun ini saat masyarakat sibuk fokus berlebaran jadi peluang pelaku kejahatan untuk beraksi, terutama pelaku pemalsuan uang.

Polisi telah berhasil menemukan uang palsu sekitar 150 juta rupiah di sebuah kamar rumah di kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Uang yang ditemukan, pecahan 100 ribuan baru cetak yang sudah diikat dengan segel masing masing 10 jutaan.

Sekilas uang uang itu tampak mirip asli. Selain cetakannya yang rapi juga dalam setiap ikatan diselipkan uang 100 ribuan asli. Sehingga penerima uang dipastikan tidak mengenali bahwa dalam ikatan itu semua uang palsu kecuali yang paling depan yang asli.

Jika dicermati dan diraba, baru diketahui kalau kertas uang yang palsu terasa berbeda dengan yang asli.

Terbongkarnya kasus uang palsu ini, bermula dari kasus penipuan penggandaan uang Rp 50 Juta jadi miliaran rupiah.

AKBP Joko Dei Harsono Kapolres Sumedang kepada Kompas.com pada 31032024 menjelaskan " Temuan uang palsu ini bermula ada orang yang bisa menggandakan uang. Dengan mahar Rp 50 juta bisa jadi miliaran. Karena tergiur, korban menyediakan uangnya dan ikut prosesi ritual penggandaan uang ".

" Setelah ritual selesai, ternyata komplotan pengganda uang sudah kabur membawa mahar berupa uang asli Rp 50 juta. Yang tertinggal hanya peti berisi uang palsu " ungkap Joko.

Polisi sudah mengamankan uang palsu itu dan sedang melakukan pengejaran pelaku

Video penemuan uang palsu 100 ribuan ini telah beredar dan menjadi pengingat masyarakat agar waspada akan adanya kasus penggandaan uang dan peredaran uang palsu saat lebaran tahun ini. (Yoy)

Sumber : PD PRSSNI Jatim

Berita lainnya