Gambar App
XSpace Radio
Dapatkan info lengkap disini

Kemenpora & UGM Riset Dorong Prestasi Olahraga

Sunday, 27-3-2022 06:14 41

Gambar Konten

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam melakukan riset di bidang kepemudaan sebagai upaya untuk mendorong prestasi olahraga dan kemandirian pemuda di Tanah Air.

Hal itu ditandai dengan proses penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono di Balairung, Gedung Pusat UGM, Yogyakarta, Jumat.

Menpora mengatakan pentingnya menggandeng pihak universitas dalam melakukan kajian dan penelitian soal kepemudaan guna membantu pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan berdasarkan hasil riset yang mendalam.

“Kami menempatkan perguruan tinggi menjadi hal utama dalam bidang kepemudaan dan olahraga. Bidang kepemudaan peran perguruan tinggi sangat penting dan strategis karena apa pun kebijakan dari pemerintah tidak lepas dari kajian dan penelitian secara komprehensif,” kata Zainudin dalam siaran pers yang diterima di Jakarta.

Zainudin menuturkan bahwa pencapaian indeks pembangunan pemuda belum maksimal, bahkan mengalami penurunan selama masa pandemi COVID-19 karena tidak banyak program kegiatan kepemudaan yang bisa dilaksanakan.

Adapun nilai capaian nilai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Indonesia pada 2020 sebesar 51,00 atau turun 1,67 poin dari tahun 2019. Sementara target nilai IPP Indonesia di tahun 2024 adalah 57,67.

Politikus Golkar itu berharap melalui kajian kepemudaan dan pelatihan serta pemberdayaan yang dilakukan oleh UGM bisa mendorong pemuda agar lebih kreatif, inovatif dan mandiri serta memiliki daya saing.

“Kita tahu 25 persen penduduk kita adalah generasi muda yang memiliki potensi luar biasa apabila dikelola dengan baik. Kemenpora mencanangkan kemandirian pemuda, kreatif, inovatif, berdaya saing serta memiliki kemampuan berwirausaha,” ujarnya. (Yoy)

Sumber : antaranews

Berita lainnya